Hukum 1: Jangan Pernah Terlihat Lebih Baik Dari Atasanmu

DALAM suatu hirarki atau situasi dimana kamu memiliki atasan atau orang yang lebih berkuasa, kamu tidak boleh menunjukkan kelebihan atau kemampuan yang lebih daripada atasanmu.

Kamu sebaiknya menunjukan kesetiaan dan kepatuhan serta memberikan kesan bahwa atasan tersebut selalu berada di atasmu.

Penjelasan hukum pertama ini didasarkan pada pandangan bahwa manusia secara alami memiliki dorongan untuk memperoleh kekuasaan serta pengaruh, dan terkadang hal ini dapat menimbulkan persaingan dan konflik dalam suatu kelompok atau organisasi.

Dengan tidak menunjukkan kelebihan yang terlalu besar dari atasan atau orang yang lebih berkuasa, kamu dapat meminimalkan kemungkinan konflik dan menghindari ancaman terhadap kekuasaannya.

Hukum pertama ini juga menekankan pentingnya memperhatikan dinamika kekuasaan dan hirarki dalam suatu situasi, sehingga kamu dapat memenuhi tindakan yang tepat dan efektif untuk mencapai tujuan-tujuanmu.

Namun perlu dicatat bahwa penggunaan hukum pertama ini juga harus diimbangi dengan sikap kepercayaan diri dan kemampuan yang sebenarnya.

Terlalu patuh pada atasan atau orang yang lebih berkuasa dapat merugikan dirimu sendiri dan membatasi potensi mu untuk berkembang.

Raja Louis XIV dan Menteri Keuangannya Fouquet

Di Prancis abad ke-17, Menteri Keuangan Nicholas Fouquet menghabiskan banyak uang untuk membangun istana megah di tanah miliknya di Vaux-le-Vicomte.

Dia kemudian mengadakan pesta mewah untuk memamerkan koneksinya, sikapnya yang terpelajar, dan pesonanya. Berpikir bahwa langkah ini akan menjadikannya aset yang sangat diperlukan bagi raja, Fouquet sebenarnya telah menyinggung tuannya yang tidak menyukai kenyataan bahwa orang-orang lebih terpesona oleh menteri keuangannya daripada dirinya. Dia secara tidak sengaja mengungguli tuannya, Raja Louis XIV, sehingga membuat Raja merasa tidak aman.

Pada tahun 1661, pada usia 23 tahun, Louis XIV mengunjungi Vaux-le-Vicomte, kawasan pedesaan milik menteri keuangannya, Nicolas Fouquet, dan sangat marah dengan keindahannya. Raja menemukan alasan yang tepat untuk menyingkirkan Fouquet yang kemudian menghabiskan 20 tahun hidupnya di penjara.

Raja Louis XIV kemudian membangun Istana Versailles yang jauh lebih megah dan mewah dari pada Istana yang dibangun oleh Fouquet untuk menampilkan pesona dan koneksinya.

Bagaimana Galileo memanfaatkan Hukum untuk kepentingannya?

Galileo pandai menaati hukum ini dengan memberikan kemuliaan kepada para pelindungnya. Untuk memecahkan masalah pendanaan yang berkepanjangan, ia mendedikasikan penemuan bulan-bulan Yupiter kepada Medici, karena simbol kerajaan keluarga Medici adalah planet Yupiter.

Dia kemudian menugaskan sebuah lambang untuk mereka, dengan setiap bulan melambangkan salah satu putra yang berputar di sekitar sang patriark. Keluarga Medici menjadi pelindung utamanya, mengangkatnya sebagai ahli matematika dan filsuf resmi istana, sehingga memberinya kehidupan yang lebih nyaman dan gaji tetap.

Baca tulisan berikutnya : Hukum 2: Jangan Mudah Percaya Teman dan Manfaat Musuh

Pelajaran:
• Sampaikan ide-ide Anda sedemikian rupa sehingga mencerminkan pemikiran atasan Anda
• Bertindak kurang pintar dibandingkan atasan Anda
• Jangan menganggap remeh posisi Anda di tempat kerja atau dalam kehidupan
• Selalu pastikan untuk membuat Anda terkesan ingin mencari keahlian dan nasihat atasan. Sanjungan yang bijaksana sangat ampuh.

Sumber : Buku 48 Hukum Kekuasaan

Karya : Robert Greene

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *